Rabu, 31 Juli 2013

America: The Story Of Us - Episode 2: Revolution - Dokumenter Revolusi Amerika Pertama Yang Saya Tonton

 

Pada setiap kesempatan, Saya selalu menegaskan kepada Para Alumni WOMEN MAGNET, bahwa Semangat Perubahan dan Harapan yang diusung oleh WOMEN MAGNET itu ibarat sebuah REVOLUSI.

Ya, sebuah REVOLUSI untuk Membawa Perubahan secara Cepat dalam Kehidupan Cinta, Kencan, Asmara, dan Hubungan dengan Wanita bagi Seluruh Pria di Indonesia, dan bahkan Dunia.

Lalu, ada sebagian Alumni yang sering bertanya: "Bro Peter, dalem amat kok disamain sama REVOLUSI?"

Yes! Memang, Saya sangat menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan REVOLUSI!

Bahkan 2 tokoh yang merupakan Ikon Hidup Saya adalah: Sun Yat-Sen, Presiden ke-1, Pendiri Republic of China, dan Pemimpin Revolusi Borjuis China, bersama dengan Sukarno: juga Presiden ke-1, Pendiri Republik Indonesia, dan juga Pemimpin Besar Revolusi Indonesia.

Bahkan salah satu Gelar yang amat disukai Soekarno dari antar sederetan gelar yang telah diberikan Para Menteri, Rakyat Indonesia, dan juga Dunia Internasional adalah: Pemimpin Besar Revolusi Indonesia, selain Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.

Nah, saat tulisan ini ditulis sedang berkecamuk Gelombang Revolusi di Dunia Arab, yang saat ini dikenal dengan istilah: Arab Spring.
 
Namun, dalam Sejarah Dunia, ada 3 Revolusi Besar yang pernah pecah dalam Sejarah Modern Umat Manusia, yaitu: Revolusi Amerika (1776), Revolusi Perancis (1789), dan Revolusi Bolshevik Rusia (1917).

Salah Satu Passion dalam Hidup Saya adalah mengerti secara mendalam kesemua 3 Revolusi besar itu, bersama dengan Revolusi Indonesia (1945-1950), dan Revolusi China (1911-1949).

Saat ini, Saya sudah cukup paham dengan Kronologi dan Histori dari 2 Revolusi yaitu Revolusi Indonesia, dan Revolusi China. 

Jadi masih ada 3 Sejarah Revolusi lagi yang harus mulai Saya pelajari.

Waktu berlalu begitu cepat. Banyak yang ingin Saya ketahui. Banyak yang ingin Saya pelajari. Banyak yang ingin Saya kuasai. Dalam Alam Ilmu Pengetahuan, Kita dibuat menjadi semakin Humble.

Semakin Kita mempelajari sesuatu, ternyata itu hanyalah permukaan dan masih banyak hal-hal lainnya yang masih harus Kita terus pelajari dan kuasai untuk mencapai level MASTERY.

Film Dokumenter: America: The Story Of Us: Episode 2: Revolution ini berdurasi sekitar 44-49 menit, dan amat sangat membantu Saya untuk mendapatkan pengetahuan dan pengertian awal dan mendasar tentang Revolusi Amerika.

Ini adalah Film Dokumenter Pertama tentang Revolusi Amerika yang Saya Tonton.

Film Dokumenter ini adalah Episode 2 dari Total 12 Episode dalam Serial: America: The Story Of Us: produksi dari The History Channel. 

Kesemua 12 Episode dari Serial America: The Story Of Us, ini sudah ditayangkan oleh The History Channel selama periode 25 April 2010 sampai dengan 31 May 2010.

Saya selalu menyukai Program-Program yang diproduksi oleh The History Channel, karena Saya ini memang pencinta dan penggila Sejarah. Dan The History Channel ini adalah Channel TV Amerika yang selalu menayangkan Program-Program bernuansa dan beraroma Sejarah.



Yah, dari namanya saja The History Channel, yang dalam bahasa Indonesia artinya: Saluran Sejarah, sudah bisa ketahuan acara-acara dan program-program macam apa yang bakal ditayangkan oleh Saluran TV ini.

12 Episode dari Serial: America: The Story Of Us, ini menceritakan tentang Sejarah Amerika Serikat, dari awal Pemberontakan melawan Kerajaan Inggris, sampai Amerika menjadi Superpower dan melewati pergantian Millenia.

Episode 1 berjudul Rebel, mendahului Episode 2 yang berjudul Revolution ini. Episode 1 menceritakan tentang Awal dari Pemberontakan para penduduk Koloni Amerika melawan Kerajaan Inggris, namun Saya belum menonton Episode 1 ini. Tapi pastinya Saya pasti akan menontonnya, karena Episode 1 ini bisa dianggap semacam Prequel dari Episode 2 yang baru saja selesai Saya tonton ini.


Scene dalam film ini dimulai dengan cuplikan sejenak dari New York masa kini yang dihuni lebih dari 8 juta penduduk. Kemudian flashback kembali ke tahun 1776, saat itu New York hanya dihuni oleh 20,000 orang lebih.

Dan di tahun 1776 ini, pada bulan Juni, para penduduk koloni Amerika sedang bersiap-siap menghadapi serangan dari Angkatan Perang Kerajaan Inggris, yang datang untuk menghukum dan menindas para penduduk koloni Amerika yang memberontak.

Memang, para penduduk koloni di Amerika sudah memutuskan untuk memutuskan ikatan politik dengan Kerajaan Induknya: Kerajaan Inggris, dan membentuk Pemerintahan Demokratis sendiri.

Moncong-Moncong Meriam dari Kapal-Kapal Laut Kerajaan Inggris diarahkan ke New York, dan akhirnya meriam pertama ditembakkan ke New York pada tanggal 12 July 1776.

Perang Pecah. New York diserang, dan akhirnya pun jatuh ke tangan Kerajaan Inggris pada 20 July 1776.

George Washington memimpin seluruh Milisi Rakyat yang semua anggotanya adalah Penduduk Sipil dari Koloni Amerika yang sama sekali belum pernah mendapatkan latihan kemiliteran.

Sosok George Washington memang adalah seorang Leader yang Kuat, Kharismatik, dan Inspirasional.

Milisi Sipil dari para Penduduk Koloni pada akhirnya mulai mendapatkan Pelatihan Militer secara Profesional, setelah Friederich Wilhem von Steuben, yang sebelumnya adalah Perwira Militer Profesional dari Kerajaan Rusia, bergabung ke dalam Milisi Revolusi, dan diberi jabatan yang tereneramat tinggi: Inspektur Jenderal dan Mayor Jenderal.

Menurut Film ini, ada 4 Hal yang membuat Milisi Revolusi Amerika yang tadinya kacau-balau, berantakan, dan lemah, bisa menjadi lebih baik, dan akhirnya mengalahkan Angkatan Perang Kerajaan Inggris, yaitu:

Leadership (Kepemimpinan), Training (Pelatihan Militer Profesional), Weapons (Persenjataan), dan Intelligence (Intel).

Pada 17 October 1781, setelah terkepung oleh Pasukan Milisi Revolusi dan mengadakan perlawanan cukup sengit, Pasukan Kerajaan Inggris yang tersisa di Yorktown, Virginia, menyerah kepada Pasukan Milisi Revolusi. 

Keputusan ini diambil oleh Pasukan Inggris di Yorktown setelah melihat perkembangan keadaan yang ada tidak memberikan harapan sama sekali di pihak mereka.
Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara di Dunia yang berhasil mendapatkan kemerdekaannya dari Inggris dengan memenangkan Perang Kemerdekaan.

George Washington dilantik menjadi Presiden ke-1 Amerika Serikat pada 30 April 1789.

Demikian rangkuman dari yang Saya dapatkan dari Film Dokumenter ini.

Film Dokumenter ini cukup baik. Bagi yang newbie dan tidak tahu apa-apa tentang Sejarah Revolusi Amerika, Film ini bisa jadi 'starter' yang baik. Plot nya cukup klimatik, dan mudah dimengerti.

Saya akan terus menonton Film-Film Dokumenter tentang Sejarah Revolusi Amerika Serikat yang lain.

Office - 03 - 31-07-2013 - 17:52 WIB
Peter Rave
Founder & Coach WomenMagnet.com
Twitter: @peterrave
Wechat: peterravelin
 
WOMEN MAGNET
Sekolah Pelatihan Cinta, Kencan, dan Asmara bagi Pria
Twitter: @womenmagnetinfo
Facebook Fan Page: www.facebook.com/womenmagnet
BB Pin: 29F11F8A
Wechat: womenmagnet 
LINE: womenmagnet
Kakao Talk: womenmagnet
YahooMessenger: womenmagnetinfo@yahoo.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar