Sabtu, 03 Agustus 2013

Besieged: The Story Of Ned Kelly - Film Dokumenter Ned Kelly


Apabila Saya sudah naksir, dan menyukai, bahkan sampai jatuh cinta pada Sebuah Topik atau Seorang Tokoh, Saya akan mempelajari tentang Topik atau Tokoh tersebut lebih dari 1 sumber.

Minimal Saya akan mendapatkan informasi tambahan tentang Sebuah Topik atau Seorang Tokoh yang sudah Saya taksir, sukai, dan jatuh cinta minimal pada 3 sumber.

Namun apabila Saya sudah benar-benar Cinta Mati pada Topik tertentu, misalnya: tentang Science yang berhubungan dengan Cinta, Percintaan, Kencan, Asmara, Romansa, dan Psikologi plus Hubungan antara Pria Vs Wanita, yang memang sangat Saya sukai dan amat harus Saya kuasai, karena Profesi Saya sebagai Pelatih Cinta, Kencan, Percintaan, Asmara, Romansa, dan Hubungan Pria Vs Wanita di bawah Bendera WOMEN MAGNET...

Atau pada Tokoh tertentu, misalnya: Soekarno dan Sun Yat-Sen, Saya akan terus mencari sumber-sumber informasi baru untuk terus menambah dan meng-update Pengetahuan, Pengertian, dan Penguasaan yang sudah Saya miliki tentangnya.

Bila soal Ned Kelly, Sang Perampok Budiman, Bushranger, dan Pahlawan Rakyat dari Australia (1854 / 55 - 1880), bisa dikatakan tingkat minat Saya pada Tokoh ini masih pada tahap naksir, dan menyukai, belum sampai tahap Cinta Mati.


Seperti pernah Saya ceritakan di Tulisan Sebelumnya tentang Novel Sejarah tentang Ned Kelly yang ditulis oleh Novelis Ternama Australia: Peter Carey, pertama kalinya Saya mulai tertarik pada Tokoh Ned Kelly, ketika Saya menonton Film Biopic tentang Ned Kelly, dengan Judul yang sama dengan Namanya: Ned Kelly (2003), yang dibintangi oleh Aktor Australia Berbakat, Almarhum Heath Ledger.

Karakter Ned Kelly yang memang benar-benar Tokoh Sejarah yang pernah hidup, namun menjalani Hidup sama seperti layaknya seorang Robin Hood: Tokoh Kriminal yang diburu-buru Pemerintah, Sang Perampok Budiman yang justru diidolakan dan dicintai Rakyat Kecil, membuat Saya menjadi penasaran, tertarik, dan ingin tahu lebih jauh tentang Ned Kelly.

Saya jadi ingin lebih mengetahui lebih dalam, lebih luas, lebih banyak, dan lebih detail segala sesuatunya tentang Ned Kelly. Bukan saja Ned Kelly yang sudah difiksionalisasi dalam Film: Ned Kelly (2003) dan Novel: True History Of Kelly Gang (2001) karya Peter Carey.

Beruntung sekali Saya bisa mendapatkan Film Dokumenter produksi History Channel tahun 2004 tentang Biografi Ned Kelly ini. Judul dari Film Dokumenter ini adalah: Besieged: The Story Of Ned Kelly (2004).

Memang History Channel adalah Channel yang jagonya soal Dokumenter, terutama yang bernuansa Dokumenter Sejarah. Sebagai penggila Sejarah, History Channel adalah salah satu Channel Televisi Favorit Saya, Peter Rave.

Sesuai dengan judul Film Dokumenter Film ini: Besieged: The Story Of Ned Kelly (2004), yang dalam Bahasa Indonesia kira-kira padanan katanya adalah: Terkepung: Kisah Ned Kelly (2004).

Judul Film Dokumenter ini memang benar-benar menyimpulkan tema dari Keseluruhan Hidup Ned Kelly.

Karena pada Pengepungan di Losmen Glenrowan di hari-hari terakhir Hidup Ned Kelly itulah, yang menjadi Klimaks dari seluruh Kisah Kehidupannya.

Memang, tokoh Ned Kelly menjadi legenda terlebih setelah kematiannnya di usia muda setelah dieksekusi oleh Pemerintah Anglo-Australia pada 11 November 1880 di Melbourne.

Sebelumnya Ned Kelly dan ke 3 rekan gerombolannya dalam aksi-aksi Perampokannya, yaitu: Joe Byrne, Steve Hart, dan juga Dan Kelly, adik kandung Ned Kelly sendiri - mereka berempat lebih dikenal dengan nama 'Kelly Gang' - telah terkepung dalam sebuah Losmen di daerah Glenrowan oleh Regu Kepolisian Australia yang telah lama memburu mereka.

Sebelum pengepungan ini, Kelly Gang telah menyiapkan Baju Zirah Besi yang mereka buat sendiri dengan melebur besi-besi tua dan juga besi-besi dari berbagai sumber yang bisa mereka temui - untuk yang berfungsi untuk melindungi diri mereka dari pengepungan pihak Kepolisian Australia.

Senin, 28 Juni 1880, dini hari jam 03:00 pagi, dimulailah Tembak-Menembak antara Kelly Gang dari dalam Losmen dengan Regu Kepolisian Australia di luar Loseman - yang awalnya hanya berjumlah 14 orang namun akhirnya total menjadi 34 orang Polisi, setelah Bala-Bantuan datang kemudian.

Keesokan paginya, Kubu Kepolisian tiba-tiba diserang dengan tembakan bertubi-tubi oleh sesosok Pria Bertopeng dan Berbaju Zirah Besi. Serangan datang bukan dari depan, akan tetapi dari belakang formasi Kubu Kepolisian yang berhadapan langsung dengan Losmen yang sudah menjadi tempat pertahanan terakhir Kelly Gang.

Seorang Pria Berbaju Zirah Besi yang menyerang dari belakang Formasi Regu Kepolisian itu adalah Ned Kelly sendiri. Tidak ada yang tahu bagaimana Ned Kelly menyelinap keluar dari Losmen dan kemudian muncul dari belakang Formasi Regu Kepolisian dan mulai menyerang mereka dari belakang.


Munculnya musuh dari belakang dan bukan dari depan, membuat para Polisi kalang kabut. Terjadilah tembak-menembak, dan antara Ned Kelly, seorang diri, melawan Satuan Kepolisian yang jumlahnya puluhan tersebut. Ned Kelly akhirnya tertembak, jatuh, dan berakhir ditawan hidup-hidup.

Ke-3 rekan Kelly Gang lainnya: Dan Kelly, Steve Hart, dan Joe Bryne semua tewas dalam tembak-menembak di Losmen Glenrowan tersebut. Bahkan Tubuh Dan Kelly dan Steve Hart hangus terbakar dan tidak dapat dikenali, setelah Polisi membakar Losmen tersebut setelah Ned Kelly berhasil diringkus.

Jenazah Joe Bryne dapat ditarik keluar dari Losmen yang terbakar tersebut, dan Para Wartawan mengambil Foto Jenazahnya, setelah mengikatnya pada sebuah Tembok di Penjara Benalla, dan untuk menyangga Jenazahnya pada posisi berdiri agar lebih mudah diambil Fotonya.


Pasca berhasil diringkusnya Ned Kelly, proses pengadilan dimulai. Terkumpul Petisi yang ditandatangani oleh 40,000 nama Rakyat Australia yang memohon agar Ned Kelly tidak dihukum mati.

Namun, Pemerintah yang Otoriter dan Menindas saat itu memang sudah bulat dengan keputusan hukumnya, dan mengabaikan aspirasi Rakyat.

Ned Kelly akhirnya meninggal setelah menjalani Hukuman Gantung.

Lalu bagaimana awal ceritanya, sampai Ned Kelly bisa mengalami akhir hidup yang demikian tragis namun Ikonik, dan Abadi sebagai Legenda Pahlawan Rakyat Australia?

Jawabannya: Tonton Film ini!

Film Dokumenter: Besieged: The Story Of Ned Kelly ini dibuka dengan adegan Ned Kelly (diperankan aktor) pada hari terakhirnya. Ia dikawal Polisi menuju ke tempat penggantungannya, dan setelah Ned Kelly jatuh ke dalam lubang yang disiapkan pada tempat penggantungan. Kemudian, Cerita flashback ke awal mulanya Ayah Ned Kelly berimigrasi ke Australia dari Irlandia, tanah leluhurnya.

Dimulailah The Story of Ned Kelly yang dipaparkan cukup baik di Film Dokumenter ini.

Di sela-sela Film ini, di antara satu episode ke episode berikutnya dari Perjalanan Hidup Ned Kelly, cuplikan wawancara dengan para narasumber dihadirkan. Mulai dari Ian Jones, Penulis Biografi dan Sang Pakar No.1 tentang Ned Kelly, sampai dengan Keturunan Ned Kelly masa kini, dan bahkan Keturunan dari Polisi yang pernah bertautan takdir dengan Ned Kelly pada masanya meski di pihak yang berlawanan.

Bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Ned Kelly, Sang Perampok Budiman dan Robin Hood Australia Legendaris, Film Dokumenter ini layak ditonton.

07 - 03-08-2013 - 15:53WIB

Peter Rave
Founder & Coach WomenMagnet.com
Twitter: @peterrave
 
WOMEN MAGNET
Sekolah Pelatihan Cinta, Kencan, dan Asmara bagi Pria
Facebook Fan Page: www.facebook.com/womenmagnet
BB Pin: 29F11F8A
YahooMessenger: womenmagnetinfo@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar