Jumat, 09 Agustus 2013

Biografi Nabi Muhammad karya Martin Lings - Muhammad: Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik


Sudah menjadi sebuah Ritual bagi Saya, Peter Rave: pada setiap Bulan Ramadahan setiap tahunnya, Saya akan membaca habis 1 buku yang bernafaskan Islam.

Dan pada Bulan Ramadhan tahun 2013 ini, giliran buku ini yang Saya rencanakan untuk selesai baca, yaitu Buku dengan Judul: Muhammad: Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik karya Martin Lings.

Dan Syukurlah, Saya selesai membacanya barusan saja di hari ini: Jumat, 9 Agustus 2013, pada Hari ke-2 Idul Fitri, atau yang biasa lebih akrab disebut Lebaran dalam Bahasa sehari-hari Bangsa Indonesia.

Artinya, genaplah Misi Saya di Bulan Ramadhan tahun 2013 ini untuk jatah membaca habis 1 Buku Islam.

Memang, Saya selalu membuat Gol setiap bulannya untuk menghabiskan minimal 1 buku untuk selesai dibaca. Sebagai seorang Pencandu Buku yang amat sangat fanatik, Saya harus melakukan ini. 

Karena begitu banyak Buku yang telah Saya beli karena lapar mata, namun Waktu yang semakin sempit seiring dengan bertambahnya Umur dan Kesibukan-Kesibukan Saya, membuat Buku-Buku yang telah Saya beli tersebut hanya menumpuk dalam Koleksi-Koleksi yang berlimpah di Perpustakaan Pribadi Saya tanpa pernah benar-benar Saya baca.

Buku-buku yang Saya beli itu pun mencakup beragam Tema yang begitu Luas, mulai dari Sejarah, Poltik, Ekonomi, Bisnis, Marketing, Motivasi, Psikologi, Novel, Sastra, bahkan sampai Filsafat dan Agama.

Untuk buku-buku bertema Islam, Saya mewajibkan Diri Saya sendiri untuk membaca habis 1 Buku bertema Islam setiap tahun pada Bulan Ramadhan-nya. Saya memang mempunyai Minat yang begitu Luas pada Tema dan Topik yang juga begitu Menyebar dan Beragam, termasuk Minat Saya pada Islam, baik pada Sejarah maupun Akidah, Syariah, dan Ajaran-Ajarannya.

Menurut Saya, Islam memang benar-benar sebuah Agama yang begitu KOMPLIT, TOTAL, LENGKAP, dan MENYELURUH. Seluruh hal yang ada dalam perikehidupan Manusia ada kaidah-kaidah dan aturan-aturannya dalam Ajaran Islam, baik dari hal Sexualitas di Kamar, sampai masalah Masyarakat, Negara, dan bahkan Dunia.

Bila Seseorang memutuskan untuk menghabiskan seluruh hidupnya mulai detik ini sampai detik Ia meninggal untuk mempelajari Segala Sesuatu tentang Islam sampai mendetil, tidak akan pernah Ia bisa meng-claim bahwa setidaknya Ia sudah mengetahui Hal yang paling Dasar, Cupu, dan Newbie sekalipun tentang Islam.

Pertama kalinya Saya mulai tertarik tentang Islam adalah ketika Saya membaca Buku Biografi pertama tentang Kisah Hidup Nabi Muhammad SAW ketika Saya duduk di Bangku SMP.

Nah, buku Biografi Nabi Muhammad yang pertama kali Saya baca waktu itu BUKAN Buku karya Martin Lings, Orang Eropa ini, namun waktu itu Buku Biografi Nabi - yang teramat sangat tebal dan lengkap sampai ke detil-detilnya menurut Saya - yang Saya baca waktu itu berjudul: Riwayat Kehidupan Nabi Besar Muhammad SAW, karya seorang Ulama ternama Lokal dari Tuban bernama HMH Al Hamid Al Husaini.

Sampai hari ini buku tulisan HMH Al Hamid Al Husaini ini masih terus dicetak dan tersedia di rak-rak bagian Buku-Buku Islam di Toko Buku-Toko Buku terbesar negeri ini. Yah, memang untuk ukuran Biografi Nabi tulisan Penulis Lokal, Buku karya HMH Al Hamid Al Husaini ini dapat dikategorikan Lengkap dan Monumental diantara Biografi-Biografi Nabi Muhammad SAW tulisan Penulis-Penulis lainnya.

Nah, Buku yang baru saja Saya selesaikan pagi ini, memang BUKAN Buku Pertama Biografi Nabi Muhammad SAW yang Saya baca selesai. Buku Biografi Nabi Muhammad SAW karya Martin Lings yang berjudul: Muhammad  - Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik ini adalah Buku ke-2 yang Saya baca selesai tentang Biografi Nabi Muhammad SAW.

Memang Buku ini dalam hal Fakta-Fakta tidak sedetil Buku Pertama tentang Biografi Nabi Muhammad SAW yang Saya baca - karya HMH Al Hamid Al Husaini yang berjudul: Riwayat Nabi Besar Muhammad SAW. Dimana dalam Buku Biografi Karya HMH Al Hamid Al Husaini itu begitu Tebal dan Lengkap, sampai-sampai membahas Genealogi (Garis Keturunan) dari Nabi Muhammad SAW sampai dari Nabi Adam. Setiap Garis Keturunan Ayah dari Nabi Adam bahkan dijelaskan Biografi Singkatnya, sampai kepada Kakek Nabi Muhammad SAW: Abdul-Mutthalib, dan Ayah Nabi Muhammad SAW: Abdullah.

Namun kekuatan Biografi Nabi karya Martin Lings yang berjudul: Muhammad - Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik - ini memang bukan terletak pada Detil Fakta dan Informasi tentang Nabi Muhammad SAW yang ada didalamnya, akan tetapi ada pada pada NARASI dan STORYTELLING dari Martin Lings yang amat luar biasa ini.

Memang, buku Biografi Nabi Muhammad karya Martin Lings ini: Muhammad - Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik, adalah Sebuah Buku Biografi Nabi Muhammad SAW yang dianggap terbaik sampai hari ini.

Pada edisi terjemahan Indonesia yang Saya miliki dan Saya baca ini, pada Sampul Akhir Buku ini dapat dilihat nukilan-nukilan dan kutipan-kutipan yang memberikan puja-puji dari berbagai tokoh pada Buku ini.


Buku yang baru saja selesai Saya baca tadi pagi ini, sudah terletak dan tergeletak lama di Perpustakaan Pribadi Saya. Saya tidak ingat kapan Saya membeli Buku ini, karena kebetulan pada Halaman Pertama Buku ini Saya tidak menandatangani dan memberi tanggal Saya membelinya, suatu kebiasaan yang biasanya Saya lakukan namun untuk buku ini ternyata terlupakan buat Saya melakukannya.

Namun, bisa dilihat pada halaman awal Buku ini, tertera disana bahwa Buku ini adalah Cetakan ke-3 September 2007 dari Penerbit Buku ini: PT. Serambi Ilmu Semesta, salah satu Penerbit Top di Negeri Ini, yang terutama banyak dikenal dengan Buku-Buku bernafaskan Islam yang diterbitkannya.


Saya hanya ingat, waktu itu Saya membeli buku ini di Toko Buku Gramedia, Mall Kelapa Gading, pada Bulan Ramadhan, dan waktu itu buku ini sedang Diskon 50%. 

Memang merupakan sebuah Strategi Dagang dan Gimmick Marketing dari Toko Buku yang memberi Diskon dengan persentase cukup menarik pada buku-buku bernafaskan Islami pada Bulan Ramadhan. 

Karena aura Bulan Ramadhan yang lebih religius dari bulan-bulan lainnya, dimana pada umumnya Para Penganut Agama Islam akan lebih khusyuk, lebih saleh, dan lebih amanah dan istiqomah dalam memperdalam pengetahuan dan pengamalannya pada Ajaran-Ajaran Agama Islam.

Dugaan Saya, Saya membeli buku ini di tahun 2008 atau 2009. Tapi Saya tidak tahu, dan tidak dapat memastikannya, kecuali Saya memberi tandatangan dan tanggal pada halaman awal Buku pada Buku-Buku yang biasa Saya beli.

Terlepas dari tak tercatat dan terlupakannya kapan Tanggal Saya membeli Buku ini di Toko Buku Gramedia Mall Kelapa Gading, Buku ini adalah Buku yang Tidak Pernah Akan Terlupakan, dan Buku ini adalah Salah Satu Buku yang Amat Sangat Meninggalkan Kesan Mendalam pada Saya.

Buku: Muhammad - Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik tulisan Martin Lings edisi Indonesia yang Saya baca ini, yang merupakan Cetakan ke-3 September 2007 dari Penerbit Serambi, aslinya adalah Buku Berbahasa Inggris yang ditulis oleh Martin Lings. Judul Asli Buku ini adalah: Muhammad: His Life Based On The Earliest Sources, karya Martin Lings.


Buku ini ditulis oleh Martin Lings, yang merupakan seorang Orientalis kelahiran Inggris dengan latar belakang keluarga Kristen-Protestan, yang kemudian menjadi Mualaf setelah mempelajari Islam secara mendalam.

Martin Lings pindah ke Mesir pada tahun 1939 dan mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di University of Cairo, sembari mempelajari Bahasa Arab dan Agama Islam. Setahun kemudian pada tahun 1940, Martin Lings menjadi Mualaf dan memeluk Agama Islam. Nama Islamnya adalah: Abu Bakr Siraj Ad-Din.



Buku Biografi Nabi: Muhammad - His Life Based On The Earliest Sources selesai ditulis oleh Martin Lings, dan diterbitkan untuk pertama kalinya pada tahun 1983.

Ternyata, di tahun yang sama buku ini diterbitkan: 1983, Buku: Muhammad - His Life Based On The Earliest Sources karya Martin Lings ini mendapatkan Penghargaan sebagai Buku Biografi Nabi Muhammad SAW terbaik dalam Bahasa Inggris dalam National Seerat Conference di Islamabad, Pakistan.

Buku ini juga mendapatkan Penghargaan dari Pemerintah Pakistan, dan penghargaan dari Presiden Mesir Hosni Mobarak pada tahun 1990, setelah Buku ini mencuri perhatian para Akademisi dari Universitas terkemuka Negeri itu, Universitas Al-Azhar.

Fakta yang tak kalah menariknya, Buku ini telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 12 bahasa, dan menjadi Buku Biografi Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Inggris yang paling banyak diterjemahkan ke dalam paling banyak Bahasa di Dunia.

Di kalangan para Pencinta dan para Pemaham Buku, apabila mereka berbicara tentang Buku Biografi Nabi Muhammad, maka ada 2 Nama yaitu: Buku: Muhammad - His Life Based On The Earliest Sourcest dan Martin Lings ini, yang telah menjadi Sinonim yang Asosiatif dan Permanen dengan Biografi Nabi Muhammad SAW.

Saya menyelesaikan Buku ini hanya dalam 3 hari, dari Hari Terakhir di Bulan Puasa: 7 Agustus silam, sampai dengan kemarin: Hari Idul Fitri ke-1:  8 Agustus, dan semua selesai pada Hari ini, di Hari Idul Fitri ke-2 tahun 2013 ini, yaitu di tanggal 9 Agustus 2013.

Terjemahan Indonesia edisi Serambi dari Buku ini: Muhammad - Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik, tebalnya bisa dikatakan lumayan tebal banget, sekitar 500-an Halaman Lebih!

Namun, STYLE dan FLOW dari STORYTELLING Martin Lings ini yang begitu Santai dan Nyaman Mengalun, kadang membuat Kita lupa sendiri, apakah Novel atau Biografi yang sedang Kita Baca di tangan Kita.

Panjang Setiap Bab dalam Buku ini PAS, tidak kependekan, tidak kepanjangan, sehingga membuat Kita Betah dalam Membacanya, seakan setiap Bab demi Bab berlalu begitu cepat, dan akhirnya Kita sudah sampai di Bab 85, Bab terakhir dari Buku ini yang menceritakan Pemakaman Nabi dan Suksesi Kepemimpinannya pada Abu Bakar.

Kata-kata Penutup terakhir dari Buku ini benar-benar Pas dan Klimatiks buat Saya.

Selain itu yang menarik dari Buku ini adalah, adanya penjelasan turunnya setiap Wahyu-Wahyu penting pada setiap kejadian-kejadian dari Kisah Hidup Nabi dan Sejarah Kelahiran Agama Islam Mula-Mula yang tersebar menghiasi lembar-demi-lembar Buku ini.

Keluarbiasaan Buku ini terutama adalah Buku ini sangat sesuai bagi Orang yang baru pertama kalinya membaca Biografi Nabi dan tidak tahu apapun tentang Islam dan Cerita Hidup Nabi Muhammad SAW maupun buat Orang-Orang yang sudah lebih mengerti dan menguasai topik tentang Islam dan Nabi Muhammad SAW ini.

Bagi Newbie yang tidak tahu apapun tentang Islam dan Kisah Hidup Nabi, Buku ini memberikan Pengertian yang Mendasar, Jelas, dan Mudah Dimengerti, dimana Alur Cerita dibuat begitu Sistematis dan Kronologis.

Bagi Expert yang sudah Tahu Banyak tentang Islam dan Riwayat Hidup Nabi Muhammad SAW, Gaya dan Alur Bertutut-Cerita dari Martin Lings ini benar-benar Menghibur, Naratif, dimana seakan Biografi Nabi dibaca dengan Alur sebuah Novel yang pas pada Klimaks dan Anti-Klimaks-nya.

Buku ini Amat Sangat Recommended. Semua Muslim Harus Memiliki Buku Ini. Bagi yang belum mengetahui apapun tentang Nabi Muhammad SAW, dan ingin mengetahui lebih banyak tentang Sosok Nabi Muhammad SAW yang merupakan Sosok Nabi yang paling KOMPLIT, TOTAL, LENGKAP, dan MENYELURUH ini (Nabi Muhammad SAW bukan saja Seroang Nabi, tapi juga Pemimpin Masyarakat, Negara, Panglima Perang, dan Pengelola Rumah Tangga yang Hebat dengan Keluarga Poligamisnya), mulai dulu dari Buku ini, baru lengkapi dengan membaca Buku-Buku Biografi Nabi lainnya.

Buku ini juga bisa dijadikan Pendamping untuk mempelajari Al-Quran dan Al-Hadits, dimana pada Buku ini diceritakan Asal-Usul dimana Ayat-Ayat tertentu pertama kali Diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabu Muhammad SAW, dan juga Hadits-Hadits tertentu disabdakan oleh Nabi Terakhir Umat Manusia tersebut.

Sebegitu berkesannya Buku ini buat Saya, sampai-sampai Saya mendownload versi file PDF Buku Ini dalam Bahasa Inggris tulisan Martin Lings aslinya: Muhammad - His Life Based On The Earliest Sources, sebelum Saya menuliskan entri tentang Buku ini di Blog Saya ini.

Saya berniat untuk membaca kembali Buku ini dalam versi asli Bahasa Inggrisnya untuk dapat meresapi keindahan Gaya Bahasa dan Penuturan dari Martin Lings yang mungkin saja sedikit terdegradasi dalam proses penerjemahan ke dalam Bahasa Indonesia di Buku Terjemahan Bahasa Indonesia versi Serambi ini.

05 - 09-08-2013 - 17:05 WIB
Dunkin Donuts Hayam Wuruk
Peter Rave
Founder & Coach WomenMagnet.com
Twitter: @peterrave
 
WOMEN MAGNET
Sekolah Pelatihan Cinta, Kencan, dan Asmara bagi Pria
Facebook Fan Page: www.facebook.com/womenmagnet
BB Pin: 2B09EEF6
YahooMessenger: womenmagnetinfo@yahoo.com

3 komentar:

  1. Salut dengan Anda yang hanya butuh 3 hari untuk membaca buku itu. Memang buku yang sangat bagus dan berarti.

    BalasHapus
  2. Boleh minta link ebook untuk bahasa inggrisnya?

    BalasHapus
  3. Saya sdh membaca terjemahan buku ini bertahun tahun yg lalu. Ini buku yg membuat kecintaan Saya pd Rasulullah semakin nyata. Bbrp waktu yg lalu Saya mendapatkan version inggrisnya yg dituturkan secara audio. Sangat bagus. Hal ini membuat kerinduan pd Rasul semakin meluap. Jadi Sy ingin membacanya lagi dlm format e book. Tp blm dot file nya.

    BalasHapus