Selasa, 04 Juni 2013

Soto Betawi Globe Bapak H Oji

Baru saja kemarin malam Saya makan di Soto Betawi Globe Bapak H Oji lagi setelah sekian lama. Memang letaknya sangat dekat dari rumah Saya, namun justru seringkali kita cenderung untuk lebih suka pergi ke tempat-tempat yang lebih jauh dari rumah kita.

Mungkin itulah sebabnya Manusia sulit untuk bahagia. Sesuatu yang dekat dari jangkauan kita, justru kita lebih cenderung untuk mengabaikannya. Sementara orang-orang lain dari seluruh penjuru datang ke tempat-tempat yang (katanya) menjadi trademark tempat-tempat di sekitar lokasi kita.

Coba Kita pikirkan, apakah kita pernah masuk ke dalam Tugu Monas dan naik ke puncaknya? Apabila pernah, kapan terakhir kita melakukannya? Dalam perjalanan Saya ke luar negeri, terutama Saya lebih sering mengunjungi negara China karena kebetulan pekerjaan kantor membuat Saya harus ke sana minimal 1tahun sekali, maka Saya sering menggunakan waktu yang tersisa setelah Business Matters selesai untuk mengunjungi Kota-Kota baru di China.

Saya senang mengunjungi tempat-tempat wisata bersejarah di Negeri China, karena memang Saya adalah Pencinta Sejarah China selain Sejarah Indonesia. Sering dalam perjalanan Saya mengunjungi Objek-Objek Wisata Bersejarah yang termasuk dalam kaliber Landmark Wisata Sejarah di China, yang bukan saja punya reputasi Top di China tapi juga di Dunia, seperti Sun Yat-Sen Mausoleum di Nanjing, Nanyue King Mausoleum di Guangzhou, Huanghuagang Mausoleum di Guangzhou, Saya selalu menanyakan kepada Supir Taksi yang membawa Saya ke tempat-tempat Wisata Bersejarah bersangkutan: 'Apakah Anda pernah mengunjungi ke tempat (yang akan Saya kunjungi) ini?'.

Jawabannya selalu hampir seragam, antara: 'Pernah, 1 kali ketika Saya ikut Tur dengan Sekolah saat Saya masih Anak Sekolah dulu', apabila Sang Supir Taksi adalah Penduduk Kota tersebut, atau 'Tidak Pernah, Saya Pendatang, Mana Sempat Saya jalan-jalan, Waktu Saya habis untuk bekerja', apabila Sang Supir Taksi adalah pendatang dan bukan penduduk Asli Kota tersebut.

Padahal, dalam setiap kesempatan WOMEN MAGNET Workshop, Saya selalu katakan kepada para Peserta Workshop, bahwa salah satu Karakter Terpenting untuk Pria Idaman Wanita Berkelas Berkualitas adalah NOVELTY, yang dalam bahasa Indonesia padanan katanya kira-kira adalah: Selalu Bertumbuh dan Berkembang menjadi lebih Baru, Maju, dan Menarik.

Seorang Pria yang tinggi dalam faktor NOVELTY akan selalu Fresh, dan cenderung dapat lebih Enjoy dengan Hidupnya. Sikap Enjoy Life ini pada akhrinya akan membuat Sang Pria mempunyai banyak bahan Cerita menarik dalam Storytelling. Dan seperti kita ketahui Storytelling adalah Salah Satu Senjata Ampuh dalam PDKT pada Wanita.

Cara untuk meningkatkan Faktor NOVELTY dalam diri kita adalah dengan Mencoba Hal-Hal Baru, Mengunjungi Tempat-Tempat Baru, dan juga Bertemu, Berkenalan, dan Menjalin Persahabatan dengan Orang-Orang Baru.

Nah, Cara Termudah dan Termurah tentunya adalah untuk Mencoba dan Mengunjungi Tempat-Tempat dan Hal-Hal yang dekat dengan Kita, seperti Mencoba Tempat-Tempat Makan Baru yang sudah terkenal di seluruh pelosok kota atau negeri, yang kebetulan ada di dekat Tempat Tinggal Kita, namun karena tenggelam dalam Rutinitas dan Kebiasaan Sehari-hari Membuat Kita Mengabaikannya.

Kembali ke Soto Betawi Globe Bapak H. Oji yang kebetulan ada di dekat Rumah Saya. Letaknya ada di Pasar Baru, tepat di depan Globe Plaza, oleh karena itulah lebih sering dikenal dengan Soto Globe.

Menu Andalan di Soto Betawi Globe Bapak H. Oji, tentu saja adalah Soto Betawi. Setiap kali Saya kemari Saya selalu memesan Soto Betawi dengan isi Daging saja, tanpa Babat, Kikil, Iso, Paru, ataupun Jeroan-Jeroan lainnya. Memang sudah menjadi semacam kebiasaan dan ritual Saya apabila Saya makan soto dimanapun, Saya akan selalu pesan isinya hanya Daging saja.

Karena sangat dekat dengan Rumah Saya, maka Soto Betawi Globe Bapak H. Oji sudah menjadi sering Saya kunjungi. Apalagi ketika Saya sekolah di SD, SMP, dan SMA dulu, karena kebetulan Saya selalu bersekolah di dekat rumah, sedari TK, SD, SMP, sampai SMA. Hanya ketika Kuliah, Orang Tua Saya mengirimkan Saya untuk Kuliah di Malaysia.

Setelah Saya pulang kembali ke Indonesia dan memulai perjalanan karier kantoran Saya, Saya tidak sesering dulu lagi makan di Soto Betawi Globe Bapak H. Oji, karena faktor Lokasi. Kantor-Kantor dimana Saya bekerja tidak seperti Sekolah-Sekolah tempat Saya belajar dulu yang dekat dengan Rumah Saya. Kantor-Kantor tempat Saya Bekerja berjarak cukup lumayan dari Rumah Saya. Sehingga sepulang Saya bekerja Saya lebih sering Makan Malam di Mall-Mall terdekat Kantor dimana Saya bekerja.

Kemarin malam, saat Saya kembali ke Soto Betawi Globe H. Oji, Saya tergerak untuk mengabadikan sepotong Cerita Saya dengan Soto Betawi Globe H. Oji, maka Saya mulai mengambil foto dengan Blackberry Gemini Saya, karena itu Foto-Foto yang diposting di Blog ini, kualitasnya kurang baik, maka mohon dimaklumi saja.

Apa yang membuat Saya ingin mengabadikan Cerita ini dalam Blog Saya? Karena setiap kali Saya mengunjungi Soto Betawi Globe H. Oji ini, seakan setiap cuplikan tipis dari episode-episode kehidupan Saya di masa lalu seakan terputar kembali dalam Layar di dalam Memori Otak Saya.

Saat Saya pulang Sekolah dan makan disini dengan teman-teman Sekolah Saya, atau ketika Saya bolos sekolah ketika lagi malas dan gak mood masuk sekolah, dimana kadang Saya makan disini, kemudian jalan-jalan ke Pasar Baru. Atau ketika Saya membeli Komik dan Cerita-Cerita Silat Bergambar Hongkong, biasanya karya-karya Tony Wong, biasanya Saya akan membelinya di Toko Buku San yang ada di Globe Plaza, karena harganya lebih murah 10-20 % dibanding harga resmi di toko buku ataupun pengecer majalah, karena memang Toko Buku San ini adalah Agen Besar dari Majalah-Majalah dan Komik-Komik.

Setiap episode yang sudah lewat dan berlalu itu seakan selalu terputar kembali di dalam Memori Saya setiap kali Saya makan di sini. Sebuah Nostalgia yang Sentimentil dan penuh Romantisme yang bisa dinikmati oleh Saya sendiri. Seakan Saya tidak pernah merasa tua. Seakan waktu itu bukan lama, bukan sebentar, bukan cepat bukan lambat, tapi relatif. Bahwa Hidup manusia bukan masalah Hari tapi karena Arti.

Bangku-Bangku Kayu dan Meja-Meja Kayu, juga Etalase-Etalase Kaca tempat menaruh Daging dan Jeroan, masih seperti sediakala, saat pertama kali Saya makan di sini. Hanya sebuah Spanduk Kuning bertuliskan Soto Betawi Globe Bapak H. Oji yang menuliskan semua menu-menu yang ada disana, merupakan atribut ornamen yang relatif Baru, karena dulu bahkan tempat makan ini tidak punya nama. Saya baru tahu namanya adalah Soto Betawi Globe H. Oji di kemudian hari setelah spanduk itu dipasang. Bagi Saya dan Orang-orang yang sudah mengenal tempat ini lebih dahulu, tempat ini hanya dikenal dengan nama: Soto Globe.

Bagi Saya, Soto Betawi Globe Bapak H. Oji ini adalah Salah Satu Soto Betawi Paling Enak Sedunia yang pernah Saya makan. Kuahnya lebih pekat warna coklatnya dibanding Soto-Soto Betawi lain yang pernah Saya coba. Selain itu rasa kuahnya agak pedas, meskipun belum ditambah cabe merah cair yang disediakan di meja, mungkin memang sudah dimasukkan cabe didalamnya. Taburan Kerupuk yang pelan-pelan terembesi Kuah Coklat Kemerahan nan Hangat itu begitu nikmat begitu bercampur air liur di lidah.

Saya tidak tahu, apakah ada fakor Subjektivitas disini. Bila Saya menganggap Soto ini adalah Salah Satu Soto Paling Enak yang pernah Saya Coba dalam Hidup Saya sampai saat ini. Apakah memang Soto itu memang pada kenyatannya begitu enaknya, atau sudah bercampur dengan adukan Romantisme dan Sentimentil Emosional dengan atau tanpa Saya sadari dan rasai.

Memang sebenarnya, Dunia dan Manusia, Manusia dan Dunia, bukan dibangun di atas Logika tapi di atas Emosi, bukan dibentuk di atas Fakta tapi di atas Persepsi.

Dan apa yang Kita yakini itulah yang Benar. Semuanya Relatif, Tidak Ada yang Absolut.

Itulah Intisari dari Dunia dan Manusia yang Selalu Saya ulangi katakan dan katakan berulang-ulang kepada Para Murid Peserta WOMEN MAGNET Training, dan juga Para Alumni WOMEN MAGNET.